Kesehatan

Manfaat Konsumsi Ayam Kampung untuk Program Hamil

Carola Basuki, Pada 18 August 2021

Beberapa teman sempat menanyakan ke saya, bagaimana tipsnya agar berhasil dalam Program Hamil. Dalam Program Hamil, makanan yang dikonsumsi oleh para calon ibu, diutamakan lebih banyak mengandung Asam Folat, Vitamin D, Kalsium. Makanan ini diperolah dari kacang-kacangan, sayuran hijau, buah-buahan, dan protein. Protein yang baik untuk dikonsumsi salah satunya adalah Ayam Kampung.

Baca juga: Nutrisi dan Vitamin Agar Cepat Hamil yang Perlu Anda Ketahui

Ayam Kampung memang memiliki keistimewaan dibandingkan Ayam Potong atau Ayam Negeri. Meskipun secara pasaran, harga yang ditawarkan lebih mahal dibandingkan Ayam Potong, namun Ayam Kampung memiliki berbagai manfaat kesehatan, salah satunya dapat menunjang vitamin untuk Program Hamil.

Berikut ini Manfaat Konsumsi Ayam Kampung untuk Program Hamil : 

  • Meningkatkan Imunitas Tubuh

Dalam Ayam Kampung juga mengandung mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga mampu meningkatkan sistem pertahanan tubuh. Karena kebutuhan mineral inilah yang membuat tubuh calon ibu dapat lebih kuat dalam mempersiapkan buah hati dalam tubuh calon ibu.

  • Sedikit Kandungan Toksin

Sebagian calon ibu menganggap bahwa mengkonsumsi Ayam Negeri sama dengan Ayam Kampung. Padahal, jika ditelusuri lebih jauh, produk unggas Ayam Negeri sudah mengandung suntikan hormon kimia buatan sehingga tidak natural pertumbuhannya. Berbeda dengan ayam kampung yang tumbuh besar dengan sendirinya tanpa campur tangan bahan kimia. Sebaiknya mulai beralihlah konsumsi hewani yang lebih sehat.

  • Gizi Lebih Tinggi

Ayam Kampung memiliki kandungan gizi lebih tinggi dari sekedar Ayam Negeri. Sebab  Ayam Kampung mendapatkan makanan secara alami dari daun dedaunan, serangga kecil, cacing, dan sebagainya. Ayam Kampung tidak mendapatkan suntikan hormonal, antibiotic dan pestisida. Sehingga tubuhnya tidak terkontaminasi langsung dengan zat kimia. Untuk itulah mengapa hasil daging ayam kampung lebih lembut dan lebih gurih. Dikarenakan Ayam Kampung yang dikonsumsi calon ibu tidak mengandung bahan kimia, maka secara otomatis, tidak akan memacu hormonal yang ada di tubuh calon ibu.

  • Sedikit Kandungan Lemak

Ayam Kampung hanya memiliki kandungan lemak lebih sedikit dari ayam potong. Itulah mengapa bentuk tubuh ayam organic lebih kecil dibandingkan dengan ayam potong. Dagingnya pun juga lebih tipis, sehingga untuk proses pemotongannya tidak memerlukan waktu yang banyak. Karena sedikit kandungan lemaknya, tentunya akan membantu calon ibu dalam melaksanakan program hamil.

Jadi ada baiknya, bagi calon ibu yang ingin mulai berencana melakukan Program Hamil, segera konsumsi Ayam Kampung secara rutin dan mulai mengurangi asupan Ayam Potong atau Ayam Negeri. Pasalnya, selain kalian perlu mempersiapkan tubuh kalian yang nantinya akan digunakan untuk menampung buah hati, juga dapat membuat kebiasaan baru dalam hal mengkonsumsi makanan sehat, sehingga nantinya, apabila tubuh kalian sudah terbiasa dengan makanan sehat, akan berpengaruh juga ke calon bayi yang akan mendapatkan nutrisi sehat dari ibunya.

Berikut ini salah satu produsen yang menjual Ayam Kampung berkualitas adalah Ayam Kampung Natural Poetry.  Kalian bisa mengolah Ayam Kampung dengan berbagai cara, salah satunya dijadikan Tongseng Ayam Khas Yogyakarta

Selamat mencoba teman-teman yang ingin fokus dalam Program Hamil. Semoga lancar dalam mempersiapkan kehamilan. :)

 

  • #ayam kampung
  • #tongseng
  • #makan sehat
  • #program hamil