Travel

Mendaki Santai di Gunung Prau via Jalur Dieng

Carola Basuki, Pada 22 August 2021

Mendaki Gunung Prau adalah hal yang pertama kali saya dan suami lakukan saat mengunjungi Dieng. Perjalanan ini kami lakukan 2 hari setelah acara 17 Agustusan di Bukit Sikunir.  Tepatnya pada tanggal 19 Agustus 2018.

Tidak banyak perlengkapan yang kami bawa untuk perjalanan menuju Puncak Gunung Prau. Sebelum melakukan pendakian, kami sarapan roti dulu untuk mengganjal agar tidak lemas selama perjalanan. Karena pada hari itu cerah, kami hanya perlu membawa Senter, Tongkat Pendaki, Tas Ransel Kecil , Botol Minum 1 liter, dan cemilan untuk perjalanan menuju Puncak Gunung Prau. Tentunya kami juga memakai Kaus Training, Jaket Tebal, Sarung Tangan, Kupluk, dan Celana Training agar nyaman saat perjalanan. Perjalanan kami lakukan subuh pk. 03.00 mulai dari tempat penginapan kami di Penginapan Bu Djono. Kami menyewa 1 porter untuk memandu perjalanan kami ke Puncak Gunung Prau. Perjalanan menuju Gunung Prau menggunakan jalur via Dieng. Sebenarnya untuk menuju ke Puncak Gunung Prau, ada banyak jalur yang dibuka, namun kami memilih via Dieng karena memang dekat dengan penginapan kami.

Baca juga: 5 Jalur Pendakian Gunung Prau

Sebelum mulai masuk ke wilayah pendakian, kami melakukan registrasi terlebih dahulu di pos registrasi dengan melakukan pembayaran per orang Rp 20.000,00. Perjalanan kami lakukan selama 3 jam. Kami mendaki santai selama perjalanan karena ini adalah jalur yang baru kami lakukan maka kami mengikuti arahan dari porter kami. Saat perjalanan, kami tidak bisa melihat jelas karena memang masih gelap. Seingat saya, jalurnya masih tergolong landai dan dan treknya panjang. Selain itu, kami melalui 4 pos selama pendakian: Pos satu bernama Pos Gemekan, Pos dua Semendung, Pos tiga Nganjir, dan pos empat puncak gunung Prau.

Sesampainya di Puncak, pas sekali saat matahari terbit. Namun kami tidak sempat foto sunrisenya, karena kami hanya tampilkan di IG Story kami.. Hehe..

1629193595-DSC02283.JPG

Kebetulan pada hari kami mendaki, tidak terlalu banyak pendaki lainnya, karena menurut saya, mereka sudah melakukan pendakian di tanggal 17 Agustus kemarin, sehingga kami bisa menikmati Puncak Gunung Prau dengan leluasa. 

1629193202-DSC02289.JPG

Saya bersyukur setiap saya mendaki Gunung ada Pemandangan yang memiliki keindahan tersendiri yang tidak bisa dijelaskan hanya dengan kata-kata. Ada keindahan alam yang dimiliki Yang Maha Kuasa yang membuat saya merasa, "Saya ini siapa sih? kecil sekali di hadapan Tuhan", begitu melihat pemandangan alam yang sungguh luar biasa. Walaupun keindahan pemandangan bisa ditangkap melalui foto, namun tidak bisa dirasakan sendiri apabila kita tidak melihatnya langsung.

1629185585-DSC02166.JPG

Saat berada di Puncak Prau setelah saya melihat Sunrise, kami berfoto-foto terlebih dahulu sampai puas. Sambil mengelilingi Puncak Prau. Dari Puncak Prau, kami juga bisa melihat beberapa gugusan Gunung di Jawa Tengah seperti : Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Lawu. Bila Kamu sejenak melihat ke arah barat, terlihat Gunung Slamet

Setelah puas berfoto-foto sambil beristirahat sejenak, kami memutsukan perjalanan pulang agar tidak terlalu sore sampai di basecamp. Saat perjalanan pulang, ternyata masih ada sampah-sampah kecil yang tertinggal di Gunung bekas Pendaki sebelumnya. Maka kami berinisiatif sambil memunguti sampah karena kami sadar sebagai pecinta alam, kami tidak boleh mengotori alam yang sudah kami tempati. kami membawa plastik kecil untuk menampung beberapa sampah yang kami temukan. Setelah sampai di pos registrasi, kami buang sampahnya ke tempat penampungan sampah. Perjalanan pulang menempuh waktu sekitar 2.5 jam.

Jika kalian ada keinginan untuk berwisata ke daerah Jawa Tengah dan suka pemandangan alam pegunungan, tidak ada salahnya mampir ke Gunung Prau. Kalian bisa juga mendirikan tenda di Gunung Prau tentunya sambil membawa perlengkapan tenda sesuai dengan prosedur pendakian. Lebih baik dilakukan bersama teman dan dipandu oleh mereka yang sudah berpengalaman dalam pendakian agar kalian tidak tersesat. 

)Tetap patuhi protokol kesehatan selama melakukan pendakian ya, stay safe ya :

  • #Travel
  • #gunung prau
  • #mendaki
  • #dieng
  • #jawa tengah
  • #puncak